Fakta bahwa Freelancer pada tahun 2003 tidak pernah mendapatkan sekuel adalah salah satu kejahatan terbesar dalam permainan PC. Tembak-menembak luar angkasa orang ketiga buatan Digital Anvil memasukkanmu ke dalam sebuah galaksi dengan alur cerita linear tetapi kebebasan yang cukup untuk berdagang dan bertarung sesuai keinginanmu. PC Gamer memberinya 90%, menyebutnya sebagai “petualangan luar angkasa yang dibuat dengan sangat ahli” dan “salah satu contoh terbaik dari genre ini yang pernah kami lihat”. Everspace 2 bukanlah Freelancer. Itu lebih baik.
Simulasi luar angkasa buatan Rockfish ini memiliki jenis petualangan interplanet yang sama dengan sudut pandang orang ketiga yang terbuka. Ini seperti Diablo di luar angkasa; sebuah RPG di mana kamu memainkan sebuah konglomerasi mesin dan laser sebanyak pilotnya. Berbeda dari pendahulunya, Everspace 2017, dalam satu hal penting: elemen roguelike-nya sudah hilang. Kematian sebelumnya tak terhindarkan, dibuat dalam permainan sehingga kredit yang diperoleh selama permainan dapat digunakan untuk membeli keuntungan dan meningkatkan karaktermu untuk permainan selanjutnya. Tidak demikian halnya di Everspace 2, di mana kematian hanya membawa layar checkpoint reload dan kesempatan untuk mencoba lagi.
Loop permainan asli Everspace sepertinya tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga pengembang Jerman Rockfish telah kembali ke jenis yang lebih dikenal. Pendiri studio yang menyukai ikan juga berada di balik Fishlabs, yang membuat seri Galaxy on Fire (tembak-menembak luar angkasa orang ketiga, jika ada keraguan). Beberapa game terbaik yang pernah ada dengan protagonis bernama Keith, trilogi tersebut termasuk perjalanan antar sistem bintang, pertempuran dengan bajak laut, rute perdagangan antara planet dan stasiun luar angkasa, dan portal misterius.
Dengan Everspace 2, maka sangat menggoda untuk membuat lelucon lama tentang Rockfish membuat permainan yang sama lagi, tetapi itu tidak adil mengingat seberapa besar upaya dan keahlian yang ditanamkan dalam menciptakan instalmen terbaru ini. Setelah mengalami periode akses awal, permainan diluncurkan dalam keadaan sangat terlihat sempurna dan bisa menjadi permainan yang sangat indah, dengan batuan-batuan terapung dan puing-puing, jejak yang ditinggalkan oleh kapal lain terlihat melalui awan debu yang melayang antara objek. Ladang ranjau bersinar merah dalam kegelapan, lapangan radiasi berkelip partikel emas yang ingin kamu dekati sebelum segera mundur. Bintang menyebabkan ledakan cahaya yang mempesona ketika kamu membelokkan pandangan ke arahnya, sementara planet memiliki sistem cincin konsentris dan instalasi otomatis memiliki lampu berkedip-kedip dan logam berukuran besar.
Tidak ada ray-tracing, karena iluminasi global dalam ruang layar (screen-space global illumination) ternyata sudah cukup bagus, dan RTX 3080 tidak memiliki masalah dalam menjalankan permainan dalam 4K. DLSS 2.0 juga didukung, begitu pula dengan berbagai jenis joystick dan kontroler HOTAS, meskipun mouse dan keyboard atau gamepad juga dapat digunakan. Persyaratan sistemnya relatif ringan, meskipun optimasi Steam Deck tidak termasuk dalam Kickstarter dan oleh karena itu menjadi prioritas yang lebih rendah.
Free space
Space penuh dengan barang jarahan. Tembak jatuh bajak laut, buka peti (meskipun kita berada di luar angkasa maka peti kargo), atau temukan sesuatu yang terapung di kehampaan saat berkeliaran, mungkin sisa-sisa kapal transportasi yang meledak lama yang lalu, dan Anda akan mendapatkan beberapa hadiah. Mungkin hanya berupa logam bekas atau barang dagangan, tetapi bisa juga berupa senjata baru atau pengisian ulang rudal. Mungkin itu sesuatu yang luar biasa yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.
Kapal baru dapat dibeli dari pangkalan dengan dealer kapal, tetapi Anda akan membutuhkan banyak kredit. Sebagian besar peningkatan kapal datang dalam bentuk senjata baru, senjata sekunder seperti rudal pandu, dan serangan khusus seperti lonjakan listrik statis yang dapat menonaktifkan kapal terdekat. Ini perlu diisi dayanya sebelum Anda dapat menggunakannya, seperti super di Street Fighter, dan ada perisai pengisian ulang (beberapa hanya terisi ketika Anda mempercepat); pelatihan armor; nanobot untuk memperbaiki; perangkat pembatas kerusakan; dan modifikasi untuk senjata Anda sehingga mereka melakukan lebih banyak kerusakan, menonaktifkan perisai, atau mendapatkan lebih banyak XP dari pembunuhan.
Ini banyak sekali yang harus diingat, dan jika kamu cepat menyelesaikan misi dan sering mengganti senjata, jeda waktu singkat ketika modul baru diangkat ke tempatnya menjadi sesuatu yang harus diwaspadai karena kamu tidak dapat menembak. Jeda waktu ini tidak memengaruhi kecepatan permainan sebanyak membuat mengganti senjata menjadi sesuatu yang harus direncanakan daripada dilakukan secara spontan.
XP (Experience Points) memengaruhi levelmu, yang menentukan kekuatan musuh yang kamu hadapi serta mengatur perlengkapan yang bisa kamu gunakan. Jadi ketika kamu menemukan sesuatu yang baru untuk dipasang di kapalmu, kamu harus membandingkan persyaratan dasarnya dengan level dan keuntunganmu, karena mungkin saja kamu tidak bisa menggunakannya. Atau mungkin bisa, karena dengan menginvestasikan sedikit waktu dan sumber daya di meja kerajinan, kamu bisa menghapus batas level itu, memungkinkanmu untuk memasang perlengkapan level yang lebih tinggi dan keluar dengan semua senjata terkembang. Cara ini mengikat sistem kerajinan ke dalam kemajuanmu dengan cara yang lebih menarik daripada mengumpulkan 10 jamur untuk pemimpin sebuah gilda sehingga kemungkinan besar tidak akan diabaikan.
Flight stimulator
Pengendalian kapalnya terasa seperti game arcade dengan gerakan 3D yang penuh dan kemampuan untuk jet naik dan turun secara tepat, yang sangat berguna saat melewati celah-celah kecil. Musuhnya cepat, dan pertempuran tidak seperti kontes berputar yang terlihat dalam Freelancer di mana Anda menempel pada ekor lawan dan mengikutinya ke mana pun hingga meledak. Untungnya, ada kunci gembok yang cukup luas, indikator tembakan terarah, dan bantuan bidik (yang menjadi lebih kuat jika Anda menggunakan gamepad). Gabungkan ini dengan misil pengunci, dan sulit untuk meleset, meskipun memang menyerang perisai kapal sambil memastikan pengisian daya sendiri dan menghindari tembakan masuk, merupakan sebuah keahlian tersendiri.
Rasanya seolah-olah seluruh galaksi melawan Anda, dipenuhi dengan musuh, termasuk bos dan elit. Musuh datang dalam gelombang sekitar lima orang, dengan target lain muncul di dekat setelah Anda mengalahkan satu kelompok, memberi Anda opsi untuk mengejarnya atau tidak.
Mematikan redaman inersia untuk pendekatan propulsi yang lebih Newtonian, dan beralih ke pandangan orang pertama, membuat Everspace 2 menjadi lebih sulit. Perspektif kokpitnya terhambat oleh kebutuhan untuk seringkali mengambil sesuatu dengan grabber kapal Anda – sebuah hal yang memuaskan secara grafis jika dilihat dari kamera kejaran saat garis medan magnetik mengisi dan mengganggu layar, tetapi yang sepenuhnya menghalangi pandangan dari kursi pilot, membuatnya menjadi hal yang hampir tidak mungkin digunakan.
Colony wars
Anda tidak perlu memainkan game sebelumnya untuk mulai bermain Everspace 2. Sebagai Adam Roslin, seorang pilot klon dengan ingatan dan keterampilan mengemudi dari DNA donor-nya (yang meledakkan banyak hal di Everspace), Anda akan bekerja untuk sebuah perusahaan pertambangan dengan nama samaran, mencoba menembak cukup banyak ubur-ubur luar angkasa dan mempertahankan diri terhadap bajak laut untuk mendapatkan tiket keluar dari DMZ di pinggiran wilayah yang dihuni manusia. Wilayah tersebut tersisa dari perang melawan alien, dan ada banyak makhluk asing yang bisa ditemukan, sebagian besar berdasarkan kehidupan akuatik.
Kapal Anda adalah tempur satu kursi dengan kapasitas kargo tertentu dan kemampuan untuk menukar modul dan senjata saat terbang. Anda tidak pernah keluar dari kapal, kecuali dalam adegan potong yang diucapkan tetapi dirender dalam gaya gambar tangan dan stop motion. Ini adalah pilihan gaya yang berani tetapi berhasil, mengubah apa yang bisa saja menjadi sekelompok tipe Mass Effect dengan perawakan yang berlebihan menjadi sesuatu yang benar-benar artistik dan bagus dilihat. Karakter pendukung bergabung dengan kru markas Anda saat Anda berkembang, membawa keahlian teknik dan medis dalam bentuk keahlian yang Anda buka dengan kredit dan sumber daya, serta menambah obrolan komunikasi.
Jika Anda pernah bermain Elite: Dangerous secara offline sebagai pemburu hadiah, Anda akan mengenali banyak hal yang terjadi di sini. Ada tiga cara untuk melakukan perjalanan lebih cepat dari mesin dorong Anda, satu untuk digunakan di dalam sistem, satu untuk jarak yang lebih besar, dan bahkan gerbang lompat jarak jauh. Ketika Anda berlari cepat dan mengukur jarak dalam satuan cahaya, sinyal tidak dikenal muncul untuk membangkitkan rasa ingin tahu Anda dan menarik Anda dari jalur ke misi penyelamatan yang dipenuhi bajak laut atau kapal besar yang terjebak di medan ranjau. Setidaknya ada autopilot, dan Anda tidak perlu mengetahui secara tepat kapan turun dari perjalanan FTL untuk menghindari melewati tujuan Anda.
Alone in the dark
Everspace 2 adalah permainan pemain tunggal yang keras kepala, tanpa ada dunia bersama atau bahkan co-op, dan ini berarti misi di luar cerita utama dapat mulai terasa sedikit monoton. Anda melompat ke area baru, menjelajahi beberapa reruntuhan, menghindari ranjau / radiasi, menunggu sampai beberapa titik merah semakin dekat dan menembak mereka, lalu menyelesaikan apa yang Anda datangi dan melompat keluar lagi.
Setiap sistem penuh dengan hal-hal menarik dan umumnya berisi teka-teki, dan ini membantu menjaga perhatian Anda terlibat. Ini mungkin hanya memindahkan puing-puing, atau memasukkan inti daya ke dalam soket untuk menyalakan beberapa mekanisme atau laser pertambangan raksasa di ruang angkasa. Permukaan planet mengandung gua yang penuh dengan bandit yang harus dibersihkan (seperti Skyrim tanpa penyihir api yang tinggal di menara kesepian, meskipun mungkin semua orang dalam game ini adalah penyihir api), dan Anda akan menemukan sesuatu yang serupa di dalam asteroid, pengalaman terbang melalui mereka sangat mirip dengan berada di bawah air. Gerakan 3D sangat berguna di sini, karena Anda meremas melalui celah dan jet berputar-putar di sekitar tiang batu mengejar kapal lain.
Jadi, petualangan luar angkasa yang dibuat dengan ahli? Ya. Salah satu contoh terbaik dari genre ini yang pernah kita lihat? Juga ya, dengan catatan bahwa ini adalah jenis permainan yang sayangnya kurang mewakili dalam beberapa tahun terakhir. Kurangnya elemen simulasi yang berat dan penekanan pada pertempuran membuat ini menjadi permainan yang sempurna untuk ledakan cepat serta sesi bermain yang lebih lama, tetapi juga merupakan petualangan yang memuaskan dan, berkat semua misi sampingan, sangat panjang yang akan membuat Anda merampok dan menembak melalui ruang selama hingga 90 jam.
source : www.pcgamer.com