Tempat-tempat yang akan kamu kunjungi
Dengan Octopath Traveler 2, Square Enix kembali ke formula pertama. Delapan petualang, masing-masing dengan pencarian RPG kecil mereka sendiri, terhubung untuk satu perjalanan yang lebih besar. Setiap orang akan memiliki jalur mereka sendiri untuk diikuti, rahasia untuk diungkap, dan musuh yang harus dikalahkan dengan gaya pahlawan. Dan kemudian, setelah semua orang memiliki cerita asal mereka, bab terakhir akan menggabungkannya semua, membentuk tim yang akan menghadapi ancaman terbesar yang mengintai di balik tirai.
Jalan ke depan sudah diatur oleh pendahulunya. Tetapi terkadang, itu sama pentingnya dengan perjalanan seperti tujuannya. Dan di mana Octopath Traveler 2 tidak hanya berhasil tetapi juga membuat kesan adalah bagaimana ia membawa Anda ke sana sambil membuat perjalanan panjang terasa berharga.
Octopath Traveler 2 (PS5[reviewed], PS4, PC, Switch)
Developer: Square Enix, Acquire Corp.
Publisher: Square Enix
Released: February 24, 2023
Ketika saya menulis ulasan kami yang sedang berlangsung beberapa minggu yang lalu, saya sudah jauh lebih terlibat dengan Octopath Traveler 2 daripada pendahulunya. Sekitar di tengah cerita, saya merasa Acquire dan Square Enix telah menemukan percikan dalam konsep ini yang tidak pernah menyala untuk saya dalam game pertama. Dunianya terasa lebih hidup dan berwarna, menawarkan variasi dan evolusi lokasi melalui siklus siang-malam. Quest sampingan yang kriptik lebih menarik karena memungkinkan solusi Path Action yang cerdas, dan Path Action ini terasa menarik untuk digunakan.
Nah, setelah bermain selama ratusan jam dan menyelesaikan game, saya masih menyukai Octopath Traveler 2. Tidak sering RPG berhasil menghabiskan waktu saya sedemikian banyak dan tetap mendapatkan tempat di hati saya. Tapi itulah pesona yang bekerja di petualangan HD-2D terbaru ini.
Jalan yang jarang dilalui
Mari kita kembali ke jam pertama. Octopath Traveler 2 membuat Anda memilih salah satu dari delapan anggota tim dari awal. Setiap orang akan akhirnya menjadi bagian dari tim Anda, setidaknya jika Anda ingin melihat akhir cerita. Saat ini, fokuslah pada satu orang. Karakter ini menjadi titik fokus Anda; sebenarnya Anda tidak bisa mengeluarkannya dari tim Anda sampai Anda menyelesaikan seluruh alur ceritanya.
Dalam kasus saya, itu adalah Throne, sang pencuri dan pembunuh bayaran yang memutuskan bahwa dia sudah cukup dengan kehidupan ini dan ingin keluar. Dia akan melepaskan kalung di sekitar lehernya, dan membunuh siapa saja, bahkan patriark dan matriark organisasi rahasia tempatnya bernaung, hanya untuk tidak pernah dipaksa lagi untuk menumpahkan darah. Ini adalah cerita yang bagus, dengan banyak perkembangan untuk Throne saat dia mengeksplorasi apa arti hidupnya selama ini dan apa arti kebebasan bagi seseorang yang selama ini diperintah melakukan sesuatu.
Saya bisa saja memilih Ku dan memulai dengan kisah Hikari tentang saudara laki-laki yang ingin merebut tahtanya. Atau penyelidikan Temenos tentang pembunuhan seorang pejabat gereja, atau pencarian Castti akan asal-usulnya yang terlupakan. Bahkan Partitio, Merchant di game ini yang menyadari bahwa kemiskinan buruk dan semua orang harus berbagi kemakmuran daripada membiarkan beberapa orang menguasainya. Partitio keren.
Intinya adalah setiap karakter baik dengan caranya sendiri, dan tidak ada dari mereka yang pernah membosankan atau memiliki segmen cerita yang membosankan. Setelah memilih karakter awal, saya mulai menjelajahi dunia, merekrut yang lain dan memainkan bab-bab mereka; semua Bab 1, kemudian kembali ke Bab 2, begitu seterusnya. Meskipun saya pasti ingin melihat akhir dari beberapa karakter daripada yang lain, saya tidak pernah enggan untuk memulai bab baru. Ini karena variasi bab Octopath Traveler 2 sangat fantastis. Beberapa karakter memiliki bab individu yang dipecah, tersebar di berbagai lokasi bahkan benua. Setidaknya satu karakter bahkan tidak memiliki bos untuk dikalahkan, hanya percakapan dan Path Actions.
Pelaku perjalanan yang terhubung
Salah satu poin penting dalam Octopath Traveler 2 adalah menghubungkan kisah para protagonis lebih dari yang pertama. Dan untuk adil, hal itu terjadi di sini. Meskipun bab kisah individu dan adegan potongannya masih terutama fokus pada karakter itu dan karakter sampingannya, ada beberapa cara di mana para sahabat Octo saling terhubung lebih dari yang pertama.
Crossed Paths adalah kumpulan cerita baru yang dibutuhkan untuk akhir permainan, yang melihat para pelaku perjalanan pergi berpasangan dalam perjalanan sampingan mereka sendiri. Mereka hanya pasangan cepat, dan bab-babnya tidak sekompleks bab cerita utama. Namun, mereka menawarkan beberapa interaksi yang menyenangkan, seperti Castti yang menjalin hubungan dengan Ochette atas pekerjaan mereka untuk melindungi kehidupan atau Partitio dan Osvald yang menjadi teman tak terduga.
Obrolan perjalanan juga akan muncul dari waktu ke waktu, menawarkan sedikit obrolan sampingan yang mirip dengan skit yang terlihat dalam seri Tales Of. Ini mungkin mengecewakan beberapa orang karena kita tidak selalu melihat kru ini berinteraksi, tetapi menurut saya ini berhasil. Beberapa adegan akan membuat setiap karakter yang hanya melompat untuk mengatakan sesuatu terasa agak aneh, dan lebih banyak obrolan kru seperti itu akan meninggalkan sedikit ruang untuk para pendukung yang sangat baik dari Octopath Traveler 2. Skit ini juga berfungsi sebagai sisi yang menyenangkan. Salah satu karakter mungkin memimpin, sementara yang lain memberikan dukungan, dan yang lainnya pergi menggelayut di kafe atau mungkin melakukan hal mereka sendiri.
Saya tahu itu adalah pendekatan teater-pikiran, tetapi Octopath Traveler 2 mendorong pendekatan yang terasa sangat terbuka. Ini ingin Anda menjelajah dan menemukan di dalam kotak pasir RPG yang dibuatnya. Hal ini terasa paling dalam di cerita sampingannya, di mana bahkan pertemuan kecil seperti dengan seorang sarjana aneh atau atmosfer aneh di sebuah toko dapat mengarah pada kejutan besar.
Namun semua kata dan cerita akhirnya berubah menjadi pertarungan. Seperti rangkaian naratif, pertarungan di Octopath Traveler 2 sangat mirip. Aksi giliran demi giliran mempertemukan tim Anda dengan musuh, dengan garis waktu di atas memberi tahu Anda apa yang akan terjadi dan kapan. Ini adalah sistem dasar tetapi lancar. Terkadang, saya akan cepat melalui pertarungan, menekan tombol A untuk mengalahkan beberapa musuh rendah. Tapi dalam pertarungan bos, saya akan dengan hati-hati menghitung giliran, melakukan matematika kepala tentang berapa banyak serangan dan keterampilan yang perlu saya gunakan, dalam urutan apa, dan dengan berapa banyak Boost Points ditambah biaya SP untuk menghindari serangan besar di akhir giliran.
Unsur Break dan Boost adalah bagian inti dari gesekan pertarungan Octopath 2. Menyerang kerentanan yang ditentukan musuh untuk menghilangkan poin perisai, mengurangi mereka menjadi 0 untuk mem-Break mereka, lalu memberikan pukulan yang keras. Cukup sederhana, bukan? Tetapi cara mencapainya, dan bagaimana Anda melakukannya, menjadi kompleks dan memikat. Jika Castti tidak memegang Pedang, misalnya, mungkin dia tidak bisa memotong satu poin perisai pada giliran ini. Tapi mungkin saya bisa meraih ke dalam tas item saya dan melemparkan Soulstone untuk kerusakan Api satu kali pakai. Boosting meningkatkan intensitas sihir dan beberapa kemampuan tetapi menambah serangan ekstra jika saya hanya menggunakan Attack. Menggunakan Boost segera untuk Break, dibanding menunggu tapi memberi musuh giliran ekstra, adalah dorongan dan tarik yang konstan.
Kemampuan dan peralatan menawarkan banyak cara untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan, memungkinkan pejuang untuk lebih spesialisasi pada peran mereka, dan kemudian mengambil kelas tambahan untuk belajar dari orang lain. Skill Dukungan memungkinkan Anda memilih apa saja dari Boost Point tambahan hingga hidup kembali gratis. Octopath Traveler 2 membuat saya terus menyesuaikan dan menyempurnakan tim saya sepanjang cerita, dan dengan setiap karakter memiliki bab mereka sendiri, saya secara tidak langsung didorong untuk terus beralih dan mencoba interaksi dan strategi yang berbeda.
Dunia menjadi lebih hidup
Tentu saja, seni HD-2D terlihat fantastis. Gaya Tim Asano telah menjadi ukuran untuk RPG piksel, tetapi Octopath Traveler 2 masih berhasil mengejutkan saya dengan pemandangan atau efek yang indah. Solistia, pengaturan permainan, juga dirancang dengan indah, dengan segala sesuatu mulai dari hutan dalam dan padang pasir berangin hingga tebing beku. Sama indahnya dengan kota-kota dan desa-desa yang tersebar di dunia.
Siklus hari-malam baru memungkinkan Anda untuk secara manual mengganti waktu, dan NPC akan berpindah tempat dan melakukan aktivitas berdasarkan waktu. Selain itu, beberapa acara hanya akan terjadi jika Anda membiarkan hari berlalu hingga matahari terbenam, atau malam hingga fajar. Ini terkait dengan Path Actions, kemampuan khusus yang memungkinkan Anda mendapatkan item atau informasi, atau bahkan memimpin NPC ke tempat lain. Atau mereka hanya memberi Anda sedikit informasi tentang dunia. Setidaknya saya telah menyelesaikan dua teka-teki hanya dengan menunggu NPC bergerak. Waktu di Octopath Traveler 2 fleksibel, tetapi memberikan ilusi yang cukup solid sehingga tidak hanya bergerak sesuai keinginan Anda.
Saya juga harus menyebutkan soundtracknya. Saya sangat suka soundtrack Octopath Traveler, dan karya di Octopath Traveler 2 sama fantastisnya. Sementara tema yang menggembirakan dan melodi lain masih ada, beberapa tambahan baru benar-benar meningkatkan momen-momen besar. “Partitio’s Theme” adalah, secara khusus, sangat mengagumkan.
Ceritanya yang tak pernah berakhir
Setiap aspek dari Octopath Traveler 2 pas dengan satu sama lain, selalu memberi saya alasan untuk pergi ke tempat yang baru. Di game pertama, saya hanya mengejar jalannya cerita. Di Octopath Traveler 2, saya akan berbicara dengan NPC di kota-kota baru hanya untuk melihat apakah ada sesuatu yang menarik untuk ditemukan, dan yang lebih penting, minat saya seringkali dihargai.
Jika ada halangan, itu adalah keberadaan Octopath Traveler 2 yang sangat luas. Sejujurnya, ada banyak permainan di sini. Hanya untuk menyelesaikan cerita utama saja, kemungkinan akan memakan waktu hampir 80 jam, dan konten sampingan tambahan akan terus bertambah. Namun, saya tidak pernah merasa terlalu perlu untuk grind, meskipun ada beberapa kali saya berusaha untuk memperkuat anggota tim yang kurang terpakai.
Ini adalah perjalanan yang panjang, dan sepadan, tetapi saya juga memahami bahwa bagi beberapa orang, jumlah jam yang diperlukan menjadi penghalang besar. Ada beberapa kali di sekitar area Bab 2 hingga 3 di mana saya merasa momentum maju hilang, juga. Dan banyak opsi terbaik dalam game, seperti kemampuan untuk membaca percakapan perjalanan yang mungkin telah Anda lewatkan di Bab sebelumnya, agak terlalu terselip.
Kembali Ke Rumah
Namun, meskipun begitu, Octopath Traveler 2 telah memakan hidup saya selama sebagian besar sebulan terakhir, dan saya masih menyukainya. Ini adalah realisasi penuh dari semua yang membuat Octopath Traveler asli bagus, tetapi dibangun dan diperluas sehingga terasa seperti struktur baru.
Saya masih bersemangat untuk kembali ke dalamnya, bahkan setelah melihat kredit bergulir. Masih ada pertanyaan yang mengganggu saya, dan sedikit rahasia yang ingin saya telusuri. Ada NPC yang baru saya temukan di akhir game, seorang pedangwan dalam pelatihan, yang bisa Anda tantang menggunakan Hikari’s Path Action. Setiap kali saya kembali, dia sedikit lebih kuat berkat pertarungan terakhir kami. Saya benar-benar melatih orang ini sehingga saya dapat, semoga, mengungkap beberapa gerakan rahasia atau tersembunyi untuk Hikari menghadapi bos rahasia yang tersisa yang ingin saya hadapi.
Octopath Traveler 2 bukan hanya tujuan akhir yang bagus, tetapi juga perjalanan yang memuaskan. Ini memiliki dunia yang hidup, pertempuran yang rumit dan menarik, kemajuan yang lancar dan membangun yang memberi hadiah pada setiap penyesuaian, skor yang luar biasa, dan lengkungan yang luar biasa untuk semua protagonisnya. Secara tidak masuk akal, game ini memiliki segala sesuatu yang saya inginkan dari RPG yang terinspirasi dari zaman dahulu, tetapi maju ke masa depan. Saya memerlukan waktu yang lama untuk sampai di sini, tetapi Octopath Traveler 2 adalah jalan yang layak dilalui.